KAJIAN TINGKAT KEMAJUAN DAERAH KABUPATEN/KOTA DAN KETIMPANGAN WILAYAH ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PULAU LOMBOK PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

  • Wahidin Universitas Mataram
  • Titi Yuniarti Universitas Mataram
  • Endang Astuti Universitas Mataram
Keywords: maju dan tumbuh cepat, potensi maju, berkembang cepat, relatif tertinggal, ketimpangan tinggi, sedang dan rendah

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini mengkaji kemajuan pembangunan ekonomi yang dicapai oleh kabupaten/kota dan ketimpangan antar wilayah kabupaten/kota di pulau Lombok. Tujuannya: untuk mengetahui tingkat kemajuan kabupaten/kota di Propinsi Nusa Tenggara Barat dari hasil pembangunan ekonomi selama sepuluh tahun terakhir dan untuk mengetahui tingkat ketimpangan pendapatan antar kabupaten/kota di pulau Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Variabel penelitian yaitu: pertumbuhan ekonomi, pendapatan per kapita, jumlah penduduk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengali data dari laporan, buku-buku dan catatan-catatan yang terkait dengan masalah penelitian Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis analisi Tipologi Klassen. Hasil analisis Tipologi Klassen diklasifikasikan dalam empat klasifikasi, yaitu: (1) Daerah Maju dan Tumbuh Cepat (High Growth and high Income), adalah daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita yang lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita propinsi.(2) Daerah Potensial Maju (High Income but Low Growth), adalah daerah yang memiliki pendapatan per kapita yang lebih tinggi tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari propinsi. (3) Daerah Berkembang cepat (High Growth but Low Income), adalah daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi tetapi pendapatan per kapita yang lebih rendah dari propinsi.(4) Daerah Relatif Tertinggal (Low Growth and Low Income), adalah daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita yang lebih rendah dari propinsi.

Hasil penelitian: 1) Daerah Kota Mataram adalah daerah maju dan tumbuh cepat, karena Kota Mataram menunjukkan rata-rata laju pertumbuhan ekonominya selama lima tahun terakhir lebih tinggi dari rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan rata-rata PDRB per kapita Kota Mataram selama lima tahun terakhir lebih tinggi dari rata-rata PDRB per kapita Propinsi NTB. Daerah Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara, adalah Daerah Relatif Tertinggal. Keempat daerah kabupaten ini mempunyai rata-rata laju pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir lebih rendah dari rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Propinsi NTB. Dan memiliki rata-rata PDRB per kapita selama lima tahun terakhir lebih rendah dari rata-rata PDRB per kapita Propinsi NTB.  2) tingkat ketimpangan  pendapatan antar kabupaten/kota di pulau Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat adalah ketimpangan sedang. Hal tersebut diindikasikan oleh angka Indeks Williamson yang mencapai angka 0,281 dimana angka ini masuk pada kategori ketimpangan sedang.

Kata kunci: maju dan tumbuh cepat,  potensi maju, berkembang cepat, relatif tertinggal, ketimpangan tinggi, sedang, dan rendah.

References

Anwar, Moh. Arsyad. 1987. Teori Ekonomi dan Kebijaksanaan Pembangunan, dalam Hendra Asmara, Jakarta: PT. Gramedia.
Arsyad, Lincolyn, 2010. Ekonomi Pembangunan. Edisi ke 5. Yogjakarta: Penerbit STIM YKPN.
Banendro, S.D. 2016. Jurnal. Analisis Ketimpangan Pembangunan Antar Kecamatan di Kabupaten Bondowoso Tahun 2006-2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember. Jember.
Berlianantiya, Maretha, 2017. Jurnal. Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pembangunan Ekonomi Antar Wilayah Kebijakan Pembangunan Di Propinsi Jawa Timur.
Dhyatmika, Ketut Wahyu, dkk. 2020. Jurnal. Analisis Ketimpangan Pembangunan Propinsi Banten Pasca Pemekaran.
Dondo, T. C. 2019. Jurnal. Analisis Ketimpangan Pembangunan Ekonomi di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Hamid, Muh, dkk. 2017, Jurnal. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan Antar Kabupaten Di Propinsi Sulawesi Barat.
Kuncoro, Mudrajad. 2016. Ekonomika Pembangunan Teori, Masalah dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Lili Masli, Jurnal, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Regional Antar Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Bandung, 2016
Ovicha, Gracetyani, dkk, 2020. Jurnal. Analisis Ketimpangan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Antar Wilayah Kabupaten/kota Di Propinsi Sulawesi Utara.
Sjafrizal, Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi, Niaga Swadaya, Jakarta, 2008.
Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi. 9 ed. Jakarta: Erlangga
Published
2022-03-31
How to Cite
Wahidin, Yuniarti, T., & Astuti, E. (2022). KAJIAN TINGKAT KEMAJUAN DAERAH KABUPATEN/KOTA DAN KETIMPANGAN WILAYAH ANTAR KABUPATEN/KOTA DI PULAU LOMBOK PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 14-24. Retrieved from http://www.elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/53