PENERAPAN METODE HIRSCHMAN-HERFINDAHL INDEX (HHI) PADA KONSENTRASI PERDAGANGAN BESAR DAN ECERAN DI PROVINSI ACEH

  • Yunidar Purnamasari sari Universitas Teuku Umar
  • Okta Rabiana Risma Universitas Teuku Umar
  • Asri Diana Universitas Syiah Kuala
  • Sri Rosmiati Sani Universitas Teuku Umar
Keywords: Indeks Herfindahl, Konsentrasi Perdagangan Besar dan Eceran, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah perdagangan besar dan eceran di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat konsentrasi perdagangan besar dan eceran pada masing-masing wilayah di Provinsi Aceh. Model analisis yang digunakan adalah Hirschman-Herfindahl Indeks (HHI) dengan menggunakan data tenaga kerja perdagangan besar dan eceran dari tahun 2017 sampai 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Banda Aceh berada pada daerah dengan tingkat konsentrasi perdagangan besar dan eceran paling tinggi, sedangkan Kabupaten Aceh Jaya merupakan daerah dengan tingkat konsentrasi perdagangan besar dan eceran rendah, diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Aceh untuk dapat mengembangkan perdagangan besar dan eceran pada Kabupaten/Kota yang berada pada tingkat konsentrasi  rendah dengan memperbaiki dan meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana, menarik investor untuk berinvestasi pada wilayah tersebut

References

Acemoglu, D. (2012). Introduction to economic growth. Journal of economic theory, 147(2),545-550
Capello, R. (2021). Classical Contribution: Von Thunen and Weber. Hanbook of Regional Science, 61-80
Dewi, AEP., & Masbar, R. (2016) Aglomerasi dan Pemanfaatan Ruang di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 1 (2),311-320.
Ferdyandyah, D., & Santoso, EB. (2013). Pola Spasial Kegiatan Industri Unggulan di Propinsi Jawa Timur (Studi Kasus: Subsektor Industri Tekstil, Barang Kulit, dan Alas Kaki. Jurnal Teknik POMITS, 2 (1), 2337-3539.
Jhingan, M.L. 2012. Ekonomi Pembangunan Dan Perencanaan. Rajawali Pers. Jakarta
Marhamah, S., & Jamal, A. (2016) Analisis Ketimpangan dan Perubahan Struktur Ekonomi Kawasan Basajan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 1 (1),246-253.
Sigalingging, Artur J. (2008). Dampak Pelaksanaan Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Wilayah. Skripsi, Universitas Diponegoro.
Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Padang: Baduose Media.
Tarigan, Robinson. 2005. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta
Published
2022-03-31
How to Cite
sari, Y. P., Okta Rabiana Risma, Asri Diana, & Sani, S. R. (2022). PENERAPAN METODE HIRSCHMAN-HERFINDAHL INDEX (HHI) PADA KONSENTRASI PERDAGANGAN BESAR DAN ECERAN DI PROVINSI ACEH. Elastisitas : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 1-7. Retrieved from http://www.elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/48